• Spam Diblokir

Survei Captive Power 2010


Peranan energi bagi pembangunan ekonomi pada negara berkembang dan negara maju sangat vital. Negara berkembang memerlukan energi untuk mendukung kebijakan-kebijakan pembangunan yang mengarah pada pertumbuhan ekonomi yang diharapkan akan meningkat menjadi negara maju. Bagi negara maju yang disebut juga negara industri, energi diperlukan dalam proses inovasi dan penggunaan teknologi. Negara-negara maju tidak akan mungkin mencapai tingkat kemajuan seperti sekarang ini tanpa menggunakan energi secara luas.

Salah satu bentuk energi yang memiliki peran sangat penting karena jumlah pemakai yang sangat besar adalah energi listrik. Energi listrik digunakan baik oleh rumahtangga, dunia usaha maupun pemerintahan. Dalam konsep pembangunan nasional, energi listrik berperan untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) dan sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi. Ketersediaan energi listrik dan SDM yang berkualitas akan meningkatkan pendapatan usaha, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Sedangkan pada sektor pemerintahan, dengan kemajuan teknologi dan ketersediaan energi listrik, dapat menjadikan kinerja pemerintah semakin efisien, sehingga mampu mendukung dunia usaha dengan optimal.

Di Indonesia energi listrik disediakan oleh PLN dan perusahaan-perusahaan lintrik Non PLN yang telah mendapatkan Izin Usaha Kelistrikan Umum (IUKU). Namun, tidak semua kebutuhan energi listrik dapat dipenuhi oleh perusahaan-perusahaan tersebut. Pada umumnya, instansi/perusahaan yang belum terpenuhi seluruh kebutuhan listriknya mengupayakan pembangkitan listrik sendiri secara terbatas (captive power).

Survei Captive Power perlu dilakukan untuk memperoleh data captive power yang dikuasai instansi/perusahaan sehingga dapat diketahui seberapa besar produksi listrik yang berasal dari pembangkitan listrik sendiri.

PLN (Perusahaan Listrik Negara) adalah PT PLN (Persero), yaitu perusahaan penyedia listrik milik negara. Listrik PLN dialirkan ke tempat pelanggan melalui instalasi listrik dan penggunaannya terukur dengan meteran listrik.

Non PLN adalah perusahaan penyedia listrik milik swasta. Listrik Non PLN dialirkan ke tempat pelanggan melalui instalasi listrik dan biasanya jarak pelanggan dan perusahaan Non PLN tidak berjauhan. Penggunaan listrik Non PLN biasanya terukur dengan meteran listrik.

Generator listrik adalah sebuah alat yang membangkitkan/memproduksi energi listrik dari sumber energi mekanikal, biasanya dengan menggunakan induksi elektromagnetik.

2 Tanggapan

  1. captive power sangat penting untuk mengetahui berapa besar perbandingan produksi kwh oleh PLN.

    • thanks untuk info tambahannya…
      šŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: