• Spam Diblokir

Klasifikasi Lapangan Usaha (edisi-018)


08 PERTAMBANGAN DAN PENGGALIAN LAINNYA
Golongan pokok ini mencakup pengambilan mineral dari tambang dan galian, juga pengerukan tanah endapan, penghancuran batu dan pengambilan garam. Sebagian besar hasil pertambangan dan penggalian mineral ini digunakan pada bidang konstruksi (pasir, batu dan lain-lain), industri bahan galian (tanah liat, gips, kapur dan lain-lain), industri bahan-bahan kimia dan lain-lain. Golongan pokok ini juga mencakup kegiatan penghancuran, pengasahan, pemotongan, pembersihan, pengeringan, sortasi dan pencampuran bahan-bahan mineral tersebut.

081 PENGGALIAN BATU, PASIR DAN TANAH LIAT

    Golongan ini mencakup penggalian pemotongan dan penghalusan batu kasar seperti jade, rubi, marmer, granit, batu pasir, batu gamping, penambangan gips, anhidrit, kapur dan dolomit tidak beroksidasi. Golongan ini juga mencakup pengambilan dan pengerukan pasir industri, pemecahan dan penghancuran batu dan kerikil, penggalian pasir dan pertambangan tanah liat. Golongan ini tidak mencakup pemotongan dan penyelesaian batu di luar penggalian.

0810 PENGGALIAN BATU, PASIR DAN TANAH LIAT
Subgolongan ini mencakup :

  • Penggalian dan pemotongan batu hias dan batu bangunan seperti batu pualam, granit, batu pasir atau paras dan lain-lain
  • Penggalian, pembersihan dan pemisahan batu kapur
  • Penambangan gips dan anhidrit
  • Penambangan kapur dan uncalcined dolomit
  • Pengambilan dan pengerukan pasir industri, pasir untuk konstruksi dan kerikil
  • Pemecahan dan pemisahan batu dan kerikil
  • Penggalian pasir
  • Penambangan tanah liat, refraktori tanah liat dan kaolin

Subgolongan ini tidak mencakup :

  • Penambangan pasir bituminous, lihat 0610
  • Penambangan mineral bahan kimia dan bahan pupuk, lihat 0891
  • Produksi calcined dolomit, lihat 2394
  • Pemotongan, pembentukan dan penyelesaian batu di luar penggalian, lihat 2396

08101 PENGGALIAN BATU HIAS DAN BATU BANGUNAN

    Kelompok ini mencakup usaha penggalian batu hias dan batu bangunan, seperti batu pualam atau marmer, batu pasir atau paras, andesit dan granit. Kegiatan pemecahan, pembersihan, pengangkutan dan penjualan, yang tidak dapat dipisahkan secara administratif dari usaha penggalian batu hias dan bangunan, dimasukkan dalam kelompok ini.

08102 PENGGALIAN BATU KAPUR/GAMPING

    Kelompok ini mencakup usaha penggalian batu batu kapur atau gamping. Kegiatan pemecahan, penghancuran, penyaringan dan penghalusan, termasuk pengangkutan dan penjualan yang tidak dapat dipisahkan secara administratif dari usaha penggalian batu bahan industri, dimasukkan dalam kelompok ini.

08103 PENGGALIAN KERIKIL (SIRTU)

    Kelompok ini mencakup usaha penggalian, pembersihan dan pemisahan kerikil. Hasil dari penggalian kerikil antara lain batu pasir, bongkah keras dan pasir kerikil.

08104 PENGGALIAN PASIR

    Kelompok ini mencakup usaha penggalian, pembersihan dan pemisahan pasir. Hasil dari penggalian pasir berupa pasir beton (andesit/basalt bersih), pasir pasang (sedikit mengandung tanah), pasir uruk (banyak mengandung tanah) dan pasir kwarsa.

08105 PENGGALIAN TANAH DAN TANAH LIAT

    Kelompok ini mencakup usaha penggalian tanah dan tanah liat. Kegiatan pembentukan, penghancuran dan penggilingan yang tidak dapat dipisahkan secara administratif dari usaha penggalian tanah dan tanah liat dimasukkan dalam kelompok ini. Hasil dari penggalian tanah dan tanah liat antara lain kaolin (china clay), ball clay (firing clay), abu bumi dan serpih.

08106 PENGGALIAN GIPS

    Kelompok ini mencakup usaha penggalian gips. Kegiatan pembersihan, pemurnian dan penghalusan gips yang tidak dapat dipisahkan secara administratif dari usaha penggalian gips dimasukkan dalam kelompok ini

089 PERTAMBANGAN DAN PENGGALIAN LAINNYA YTDL

    Golongan ini mencakup pertambangan fosfat alam, garam kalsium, belerang murni; pengambilan dan pengolahan pirit dan pyrrhotite, kecuali pembakaran; pertambangan barium karbonat dan barium sulfat alam, borat alam, magnesium sulfat alam; pengambilan dan aglomerasi tanah gemuk bakar (peat), pertambangan earth colours (semacam pigmen dari mineral), fluorspor (mineral yang berpendar) dan mineral lain sebagai bahan baku kimia. Golongan ini juga mencakup penambangan guano (pupuk dari kotoran burung/kelelawar), pengambilan garam dari dalam tanah dan produksi garam dengan proses penguapan air laut serta penghancuran, pemurnian dan penyulingan garam, tetapi tidak termasuk pengolahan garam menjadi garam dapur/meja/makan; penambangan dan penggalian berbagai mineral dan bahan kimia lain termasuk pada golongan ini.

0891 PERTAMBANGAN MINERAL, BAHAN KIMIA DAN BAHAN PUPUK
Subgolongan ini mencakup :

  • Penambangan fosfat alam dan garam potasium alam
  • Penambangan sulfur alam
  • Pengambilan dan pengolahan pyrit dan pyrhotite, kecuali pemanggangan (roasting)
  • Penambangan barium sulfat alam dan karbonat (barite dan witherit), borat alam, magnesium sulfat alam (kiserit)
  • Penambangan earth coulor, flour dan mineral lain yang utamanya sebagai bahan kimia
  • Penambangan guano (bahan pupuk dari kotoran burung atau kelelawar)

Subgolongan ini tidak mencakup :

  • Pengambilan garam, lihat 0893
  • Pemanggangan bijih besi, lihat 2011
  • Industri pupuk buatan (fertilizer sintetis) dan komponen/senyawa nitrogen, lihat 2012

08911 PERTAMBANGAN BELERANG

    Kelompok ini mencakup usaha penambangan bijih belerang. Termasuk juga kegiatan penghancuran, pembersihan dan pengolahan terhadap mineral belerang yang tidak dapat dipisahkan secara administratif dari usaha pertambangan belerang tersebut. Pengolahan lanjutan dari mineral belerang yang tidak ada hubungannya dengan kegiatan atau usaha penambangan dimasukkan dalam kelompok 20114.

08912 PERTAMBANGAN FOSFAT

    Kelompok ini mencakup usaha penambangan bahan galian fosfat. Kegiatan pemurnian, sortasi, penghancuran, pembersihan dan peningkatan kadar bahan galian fosfat yang tidak dapat dipisahkan secara administratif dari usaha pertambangan fosfat dimasukkan dalam kelompok ini.

08913 PERTAMBANGAN NITRAT

    Kelompok ini mencakup usaha penambangan bahan galian nitrat. Kegiatan pembersihan, pemurnian, pemecahan, sortasi dan pengolahan dengan cara lain terhadap bahan galian nitrat yang tidak dapat dipisahkan secara administratif dari usaha pertambangan nitrat dimasukkan dalam kelompok ini.

08914 PERTAMBANGAN YODIUM

    Kelompok ini mencakup usaha penambangan ekstraksi air tanah yang mengandung yodium. Kegiatan distilasi dan pemurnian dari ekstraksi mineral tersebut yang tidak dapat dipisahkan secara administratif dari usaha pertambangan yodium dimasukkan dalam kelompok ini.

08915 PERTAMBANGAN POTASH (KALIUM KARBONAT)

    Kelompok ini mencakup usaha penambangan potash dalam bentuk garam, feldpar dan leusit analeum. Kegiatan penghancuran dan pembersihan terhadap mineral tersebut yang tidak dapat dipisahkan secara administratif dari usaha pertambangan potash dimasukkan dalam kelompok ini.

08919 PERTAMBANGAN MINERAL, BAHAN KIMIA DAN BAHAN PUPUK LAINNYA

    Kelompok ini mencakup usaha penambangan mineral bahan kimia dan bahan pupuk lainnya yang belum tercakup dalam kelompok 08911 s.d. 08915. Kegiatan pembersihan, pemurnian, pemisahan dan sortasi yang tidak dapat dipisahkan secara administratif dari usaha pertambangan mineral bahan kimia dan bahan pupuk lainnya dimasukkan dalam kelompok ini.

0892 EKSTRAKSI TANAH GAMBUT (PEAT)
Subgolongan ini mencakup :

  • Penggalian tanah gambut (peat)
  • Aglomerasi tanah gambut (peat)
  • Pengolahan tanah gambut (peat) untuk meningkatkan kualitas atau memudahkan pengangkutan atau penyimpanan

Subgolongan ini tidak mencakup :

  • Jasa penunjang penggalian tanah gambut (peat), lihat 0990
  • Industri barang dari tanah gambut (peat), lihat 2399

08920 EKSTRAKSI TANAH GAMBUT (PEAT)

    Kelompok ini mencakup usaha operasi ekstraksi dan penggalian tanah gambut, aglomerasi tanah gambut dan pengolahan tanah gambut (peat) untuk meningkatkan kualitas atau memudahkan pengangkutan atau penyimpanan. Operasi ekstraksi tersebut meliputi penggalian, penghancuran, pencucian, penyaringan, dan pencampuran serta penampungan.

0893 EKSTRAKSI GARAM
Subgolongan ini mencakup :

  • Pengambilan garam dari bawah tanah termasuk dengan pelarutan dan pemompaan
  • Produksi garam dengan penguapan air laut atau air garam lainnya
  • Penghancuran, pemurnian dan penyulingan garam oleh petani garam

Subgolongan ini tidak mencakup :

  • Pengolahan garam menjadi garam dapur, seperti garam beryodium, lihat 1077
  • Produksi air minum dengan penguapan air garam, lihat 3600

08930 EKSTRAKSI GARAM

    Kelompok ini mencakup usaha ekstraksi garam yaitu pengambilan garam dari bawah tanah termasuk dengan pelarutan dan pemompaan, serta produksi garam dengan penguapan air laut atau air garam lainnya (air laut di tambak/empang) dan penghancuran, pemurnian dan penyulingan garam oleh petani garam. Termasuk juga kegiatan pengumpulan, pembersihan, penggilingan, penghancuran, dan pengolahan terhadap mineral garam yang tidak dapat dipisahkan secara administratif dari usaha ekstraksi tersebut.

0899 PERTAMBANGAN DAN PENGGALIAN LAINNYA YTDL
Subgolongan ini mencakup :

  • Pertambangan dan penggalian bermacam-macam material dan mineral, seperti batu penggosok, asbes, grafit alam, steatite (talc), feldspar, tepung fosil siliceous; aspal alam, batu beraspal dan bitumen padat alam; dan batu permata, kuarsa, mika dan lain-lain

08991 PERTAMBANGAN BATU MULIA

    Kelompok ini mencakup usaha penambangan dan penggalian batu mulia/batu permata. Termasuk kegiatan pemurnian, pemisahan/sortasi, pembersihan dan pengolahan dengan cara lain terhadap batu mulia/batu permata yang tidak dapat dipisahkan secara administratif dari usaha pertambangan dan penggalian lainnya tersebut.

08992 PENGGALIAN BATU BAHAN INDUSTRI

    Kelompok ini mencakup usaha penggalian batu bahan galian industri seperti felspar dan kalsit kwarsa. Kegiatan pemecahan, penghancuran, penyaringan dan penghalusan, termasuk pengangkutan dan penjualan yang tidak dapat dipisahkan secara administratif dari usaha penggalian batu bahan industri, dimasukkan dalam kelompok ini.

08993 PERTAMBANGAN ASPAL ALAM

    Kelompok ini mencakup usaha penambangan aspal alam, batu beraspal dan bitumen padat alam. Kegiatan pemurnian, pemisahan dan penuangan terhadap mineral tersebut yang tidak dapat dipisahkan secara administratif dari usaha pertambangan aspal alam dimasukkan dalam kelompok ini.

08994 PENGGALIAN ASBES

    Kelompok ini mencakup usaha penggalian asbes dalam bentuk serabut maupun tidak. Kegiatan pembersihan dan pemisahan yang tidak dapat dipisahkan secara administratif dari usaha penggalian asbes dimasukkan dalam kelompok ini.

08999 PERTAMBANGAN DAN PENGGALIAN LAINNYA YTDL

    Kelompok ini mencakup usaha penambangan dan penggalian bahan galian lainnya yang belum termasuk dalam golongan manapun. Termasuk kegiatan pemurnian, pemisahan/sortasi, pembersihan dan pengolahan dengan cara lain terhadap bahan tambang/galian yang tidak dapat dipisahkan secara administratif dari usaha pertambangan dan penggalian lainnya tersebut. Pertambangan dan penggalian ini antara lain mika, leusit, yarosit, ziolet, batu penggosok, grafit alam, steatite (talc), tepung fosil siliceous dan lainnya.

09 JASA PERTAMBANGAN

    Golongan pokok ini mencakup jasa penunjang yang dikhususkan untuk pertambangan atas dasar balas jasa (fee) atau kontrak. Golongan pokok ini mencakup jasa eksplorasi dengan cara pencarian tradisional, seperti pengambilan contoh bijih logam dan melakukan observasi geologi dengan cara pengeboran, pengeboran percobaan atau pengeboran ulang sumur minyak, mineral logam dan bukan logam. Jasa khusus lainnya mencakup pembangunan fondasi sumur minyak dan gas, penyemenan pinggiran sumur minyak dan gas, pembersihan, penimbaan dan pengepelan sumur minyak dan gas, pemompaan dan penyaluran tambang, jasa pemindahan di pertambangan dan lain-lain.

091 JASA PERTAMBANGAN MINYAK BUMI DAN GAS ALAM

    Golongan ini mencakup kegiatan jasa pertambangan atas dasar balas jasa (fee) atau kontrak pada pengambilan minyak dan gas. Golongan ini mencakup jasa eksplorasi yang berhubungan dengan pengambilan minyak bumi dan gas alam, pengeboran dan pengeboran ulang secara langsung, pemasangan alat pemboran minyak di lokasi pertambangan, penyemenan, perbaikan dan pembongkaran pinggiran sumur minyak dan gas, pemompaan sumur, penyumbatan dan penutupan sumur, perubahan menjadi gas kembali dan pencairan gas alam untuk kemudahan pengangkutan yang dilakukan di lokasi pertambangan. Golongan ini juga mencakup jasa pemompaan dan penyaluran pada pengeboran percobaan dan jasa pemadam kebakaran di ladang atau sumur minyak dan gas bumi.

0910 JASA PERTAMBANGAN MINYAK BUMI DAN GAS ALAM

    Subgolongan ini mencakup kegiatan jasa pengambilan minyak dan gas atas dasar balas jasa atau kontrak.

Subgolongan ini mencakup :

  • Jasa eksplorasi dalam hubungannya dengan pengambilan minyak atau gas dengan cara tradisional, contohnya membuat observasi geologi pada tambang berprospek
  • Pengeboran dan pengeboran ulang; pemasangan alat pengeboran di lokasi pertambangan; perbaikan dan pembongkaran penyemenan sumur minyak dan sumur gas; pembuatan saluran sumur; penyumbatan dan penutupan sumur
  • Pencairan dan regasifikasi gas alami untuk kebutuhan transportasi, dikerjakan di lokasi pertambangan
  • Jasa pemompaan dan penyaluran tambang atas dasar balas jasa atau kontrak
  • Pengeboran percobaan dalam hubungannya dengan penyulingan minyak bumi dan gas
  • Jasa pemadam kebakaran ladang minyak dan gas

Subgolongan ini tidak mencakup :

  • Jasa operator pada ladang minyak bumi dan gas, lihat 0610, 0620
  • Jasa perbaikan khusus mesin pertambangan, lihat 3312
  • Pencairan dan regasifikasi gas alam untuk kebutuhan transportasi, dikerjakan di lokasi pertambangan, lihat 5221
  • Survei geofisika, geologi dan seismic, lihat 7110

09100 JASA PERTAMBANGAN MINYAK BUMI DAN GAS ALAM

    Kelompok ini mencakup kegiatan jasa yang berkaitan dengan pertambangan minyak dan gas bumi yang dilakukan atas dasar balas jasa (fee) atau kontrak, seperti jasa eksplorasi pengambilan minyak atau gas dengan cara tradisional yaitu membuat observasi geologi, pemasangan alat pengeboran, perbaikan dan pembongkaran penyemenan sumur minyak dan sumur gas, pembuatan saluran sumur, pemompaan sumur produksi, penyumbatan dan penutupan sumur produksi, pengujian produksi, dismantling, pencairan dan regasifikasi gas alam untuk kebutuhan transportasi di lokasi pertambangan, pengeboran percobaan dalam rangka penyulingan minyak bumi dan gas alam dan jasa pemadam kebakaran ladang minyak bumi dan gas alam.

099 JASA PERTAMBANGAN DAN PENGGALIAN LAINNYA

    Golongan ini mencakup jasa penunjang atas dasar balas jasa (fee) atau kontrak, yang dibutuhkan kegiatan pertambangan dan penggalian selain minyak bumi dan gas alam. Golongan ini juga mencakup jasa eksplorasi, jasa pemompaan dan penyaluran dan pengeboran percobaan dan pengeboran sumur atau ladang percobaan.

0990 JASA PERTAMBANGAN DAN PENGGALIAN LAINNYA

    Subgolongan ini mencakup jasa penunjang atas dasar balas jasa atau kontrak, yang dibutuhkan dalam kegiatan pertambangan golongan pokok 05, 07, dan 08.

Subgolongan ini mencakup :

  • Jasa eksplorasi, misalnya dengan cara tradisional seperti mengambil contoh bijih dan membuat observasi geologi pada tambang berprospek
  • Jasa pemompaan dan peyaluran hasil tambang
  • Percobaan penggalian dan pengeboran sumur atau ladang tambang

Subgolongan ini tidak mencakup :

  • Pengoperasian tambang atau penggalian atas dasar balas jasa atau kontrak, lihat golongan pokok 05,07, dan 08
  • Jasa reparasi khusus mesin pertambangan, lihat 3312
  • Jasa survei geofisika atas dasar balas jasa atau kontrak, lihat 7110

09900 JASA PERTAMBANGAN DAN PENGGALIAN LAINNYA

    Kelompok ini mencakup jasa penunjang atas dasar balas jasa atau kontrak, yang dibutuhkan dalam kegiatan pertambangan golongan pokok 05, 07, dan 08, seperti jasa eksplorasi misalnya dengan cara tradisional seperti mengambil contoh bijih dan membuat observasi geologi, jasa pemompaan dan peyaluran hasil tambang dan jasa percobaan penggalian dan pengeboran ladang atau sumur tambang.

Satu Tanggapan

  1. Selamat sore,
    kalau mau cari data statistik sumber daya mineral dan bahan galian industri di provinsi DIY untuk tahun 2006-2010, di mana ya…?

    mohon bantuannya, karena untuk tesis saya.
    Ningrum, mahasiswa S2 Ekonomi Akuntansi UGM Yogyakarta
    email: ningrum1806@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: