• Spam Diblokir

Sensus Pertanian 2013


Ada 3 (tiga) kegiatan Sensus yang diselenggarakan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) yaitu: Sensus Penduduk, Sensus Pertanian dan Sensus Ekonomi. Sensus dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali. Sensus Penduduk, dilaksanakan pada tahun yang berakhiran dengan angka ‘0’ (NOL) seperti 1980, 1990, 2000 dan 2010. Sensus Pertanian, dilaksanakan pada tahun yang berakhiran dengan angka ‘3’ (TIGA) seperti 1983, 1993, 2003 dan 2013. Sensus Ekonomi, dilaksanakan pada tahun yang berakhiran dengan angka ‘6’ (ENAM) seperti 1986, 1996, 2006 dan 2016.
Berarti jika tak ada halangan, pada tahun 2013 atau tahun depan akan diselenggarakan Sensus Pertanian 2013 (ST2013). Pertanian yang dimaksud tentu saja dalam artian luas meliputi sub sektor tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan.

Mudah-mudahan BPS bisa menyelenggarakan kegiatan ST2013 tersebut, sehingga kita bisa mengetahui berapa sih rumah tangga yang murni berusaha di sektor pertanian, berapa sih rata-rata luas lahan yang diusahakan oleh rumah tangga pertanian, dan informasi-informasi lainnya.

10 Tanggapan

  1. mudah-mudahan terlaksana……. amin

    • amin…πŸ™‚

  2. mudah”n secepatnya terealisasi

    • Pada sensus pertanian yang diadakan propinsi sumatera utara terhadap pendudk miskin disumatera utara dan tinggak diperumnas,perlu moral petugas dan angket sensus tersebut ditata ulang kembali,serta disesuaikan dengan tempat menyensus.Kalau yag akan disensus adalah orang yang tinggal di perumnas tak perlu lagi ditanya lahan dan kebun sebab itu mengejek namanya.Yang punya kebundan laha tak akan tinggal diperumnas itu jelas jadi bereskanlah negara kita yang sudah tak beres lagi ini.

      • Terima kasih atas atensinya. Perlu dijelaskan bahwa setiap sensus/survei/pendataan ada buku pedoman bagi petugas di lapangan. Sebelum terjun ke lapangan petugas wajib mengikuti pelatihan, dan pada saat pelatihan itu metodologi, tata cara, konsep dan definisi yg berkaitan dg pendataan disampaikan atau dijelaskan oleh seorang instruktur.
        Kemudian terkait dengan permasalahan di atas, perlu disampaikan bahwa pemilik lahan bisa tinggal dimana saja baik perkampungan ataupun perumahan. Contoh, saya tinggal di perumnas tapi saya punya sedikit lahan sawah dan punya ternak, yg lokasinya tidak di perumnas karena penggarap dan pemelihara adalah saudara saya di desa sebelah. Ketika anda menjadi petugas, maka anda baru akan mengerti betapa sulitnya petugas mengumpulkan data sesuai dengan tata cara, metodologi, konsep dan definisi yg diinginkan sebuah survei…belum lagi jika responden menolak untuk diwawancarai (dikira minta sumbangan/pajak), lokasi yg sulit, responden yg tidak jujur dalam menjawab pertanyaan, pemaksaan pd petugas agar memasukkan sbg rumahtngga miskin, dsb. Jika anda membaca data, maka anda harus tahu dulu metodologi, tatacara, konsep dan definisi, kapan pendataan itu dilakukan, dsb…tidak asal mengkritisi.
        Terima kasih sekali lagi, semoga petugas2 pendata kita tidak terkena moral hazard dan responden selalu tersenyum menyambut petugas dan menjawab dg jujur setiap pertanyaannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

    • yg jelas tahun 2013

  3. mdh2 an data sensus pertanian 2013 benar2 akurat,,,,,,Alhmdulillah saya jg sdh daftar untuk jadi Pencacah Lapangan

    • mudah2an lulus jd calon petugas…

  4. blog walking min.. btw bulan ini seluruh Indonesia sensus ya min.?

    Visit back ya min : go organik!

    • tanggal 1 Mei 2013 pelaksanaan Sensus Pertanian 2013

      OK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: