• Spam Diblokir

Produksi Padi Pemalang Tahun 2011 Turun Drastis


Padi atau beras adalah komoditi strategis maka jika harga mengalami kenaikan atau ketersediaannya kurang mencukupi kebutuhan untuk beberapa bulan ke depan saja akan berdampak pada kestabilan perekonomian. Untuk mengetahui produksi padi, dibutuhkan data yang akurat sesuai potret atau kondisi di lapangan bukan hasil lukisan yang biasanya membawa muatan politis. Data apa adanya yang tidak dikurangi dan tidak dibesar-besarkan sangat diperlukan untuk merencanakan kebijakan di bidang pangan. Apalah jadinya jika sebuah kebijakan diambil berdasarkan data lukisan.

Pada tahun 2009, produksi padi di Kabupaten Pemalang mencapai  354.244 ton GKG.  Tahun 2010 mencapai produksi tertinggi selama dua dekade, yaitu sebesar  389.455 GKG. Pada tahun 2011 ternyata produksi padi turun drastis bahkan lebih rendah dari tahun 2009 yaitu hanya sebesar  332.917 GKG  (Sumber: BPS Prov. Jawa Tengah). 

Penurunan sebanyak  56.538 GKG  setara dengan  65.727 GKP  (konversi GKP ke GKG sekitar 0.8602)  dibandingkan dengan tahun sebelumnya tentu bukanlah jumlah yang sedikit. Jika produktivitas rata-rata di Kabupaten Pemalang sekitar  47,82 kw/ha (perhitungan BPS) maka paling tidak ada sekitar  1.374 hektar (luas bersih tanpa galengan) atau lahan sawah dengan luasan   1.423 hektar yang tidak menghasilkan padi.

Yang menjadi pertanyaan adalah ada apa dengan  lahan sawah seluas  1.423 hektar tersebut, apakah memang lahan tersebut tidak diolah, apakah lahan dimanfaatkan untuk tanaman lain (konsistensinya?), apakah demikian hebatnya serangan OPT, atau apakah ada infrastruktur pertanian yang mengalami kerusakan? Tentu itu menjadi renungan dan tentunya pertimbangan bagi para pembuat kebijakan di sektor pertanian khususnya tanaman padi.   ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: